Tuesday 19 March 2013

Perawatan untuk Rambut Tebal, Kasar dan Sulit Diatur

Rambut sulit diatur adalah salah satu masalah yang paling sering dialami wanita. Biasanya rambut yang susah ditata cenderung berjenis tebal, kasar dan kering.

Penyebab rambut jenis ini pun bermacam-macam. Mulai dari faktor genetis, pemakaian produk rambut yang berlebihan, sering terpapar bahan kimia hingga kebiasaan menggunakan alat penataan rambut .

Jika Anda memiliki rambut kasar dan sulit diatur, jangan dulu khawatir. Ada beberapa perawatan rambut yang bisa mengatasi masalah tersebut:

1. Cuci rambut Anda minimal sekali dalam dua hari. Hindari pencucian rambut setiap hari karena dapat mengurangi minyak alami rambut yang berfungsi melembapkan serta menjadikan rambut tetap lembut. Gunakan shampo yang mengandung bahan alami seperti minyak kelapa, minyak almond dan minyak bunga matahari untuk mengembalikan nutrisi rambut.

2. Setelah mencucinya dengan shampo, jangan lupa untuk memakai kondisioner. Diamkan selama kurang lebih tiga menit sebelum Anda membersihkan dan mengeringkan rambut. Hal ini dapat menjadikan rambut lebih lembut, berkilau dan mudah diatur.

3. Gunakan mousse atau gel rambut untuk menata rambut yang sulit diatur. Agar tidak membuat rambut semakin kasar dan kering, hindari produk penataan rambut yang mengandung alkohol dalam jumlah banyak. Hal itu dikarenakan kandungan alkohol dapat membuat rambut kering, mudah rusak dan patah.

4. Ketimbang menggunakan sisir sikat, lebih baik gunakan sisir bergigi jarang untuk menata rambut. Dengan menyisir rambut hingga kulit kepala, Anda dapat merangsang folikel rambut, memproduksi minyak alami di kulit kepala. Hal ini bisa membantu membuat rambut menjadi lebih mudah diatur. Ingat, usahakan untuk tidak menyisir rambut dalam kondisi basah karena dapat menyebabkan kerontokan.

5. Kurangi paparan panas yang berlebihan pada rambut berjenis tebal, kasar dan kering. Panas yang dihasilkan oleh alat penataan seperti alat pengering atau catok rambut merupakan musuh utama bagi rambut kering serta kasar, karena dapat menimbulkan kerusakan. Keringkan rambut secara natural dengan cara mengangin-anginkannya.

6. Potong ujung rambut secara teratur untuk mencegah ujung rambut bercabang. Rambut bertekstur kasar dan kering cenderung mudah rusak, oleh karena itu perawatan ekstra seperti misalnya masker rambut sangat diperlukan. Pilih masker rambut dari rangkaian perawatan yang sama dengan shampo dan pelembap rambut Anda agar hasilnya lebih maksimal. Atau pilih shampo yang mengandung micro moisture serum yang sekaligus menjaga kekuatan rambut Anda.

sumber : http://id.she.yahoo.com/perawatan-untuk-rambut-tebal--kasar-dan-sulit-diatur-052927753.html