Wednesday 15 January 2014

Cara Mengatasi Error 38 pada Corel Draw X5 atau X4

Oke kejadian ini terjadi pada PC saya dimana saya tidak bisa menjalankan program Corel Draw X5 di PC saya.

Ternyata cara mengatasinya sangat simple yaitu kita harus kembali menjalankan service yang bernama "Protexis Licensing V2"

Pada Windows 7 kita bisa menemukannya dengan cara sebagai berikut:

- Klik Start

- Ketik "Sevices" pada kolom pencarian program

- Lalu Klik "Services"

- Cari nama services "Protexis Licensing V2"

- Jalankan servicenya secara otomatis

- Lalu restart windows anda

dan JRENG masalah error 38 akan segera teratasi. Error 38 pada corel draw x5 ini juga bisa terjadi pada corel draw x3 dan x4 dan untuk penyelesaiannya juga sama seperti cara di atas.

Penyebab error 38 adalah karena saya mendisable services "Protexis Licensing V2" << saya kira itu virus ternyata bukan hahaha..

Ada pertanyaan? silahkan ajukan dibawah! terimakasih